Pengalaman Mengurus SIM di POLRES SLEMAN YOGYAKARTA


Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengurus SIM di POLRES SLEMAN YOGYAKARTA. Pagi itu setelah mengantar anak-anak ke sekolah yang mana masuknya jam 07.30 WIB bar kui langsung menuju ke polres sleman. Perjalanan diprediksi sekitar 20 menit. Dan ternyata benar sampai sana jam 7.50 WIB.

Berukut langkah-langkah urutan mengurus SIM di POLRES SLEMAN YOGYAKARTA

 Langkah pertama : Cari surat keterangan Dokter
Seperti tahun-tahun sebelumnya sebelum masuk ke polres nyari surat keterangan dokter dulu di depan polres sleman karena surat keterangan dokter itu digunakan untuk syarat administrasi mendapatkan SIM. ingat tempatnya diluar gedung polres, tepatnya di depannya persis seberang jalan. Sampai disana ternyata belum mulai praktek dokternya. Namun yang datang lebih awal bisa mengambil no urut antrian di dinding depan praktek dokter tersebut. Setelah saya mengambil no urut antrian, saya lihat ternyata sudah nomor urut 39 padahal ketika itu baru jam 7.50. Oya jangan lupa foto copy SIM dan KTP untuk dikumpul ke asisten dokter ketika dipanggil no urutnya.

Setelah menunggu sekitar 20 menit, barulah praktek dokter dimulai. Mulailah di panggil satu persatu untuk mengikuti tes dokter. Tes pertama disuruh memakai kaca mata khusus. Ada 2 kaca kaca mata yang satu ditutup mata kiri, yang satu ditutup maka kanan. Dan disuruh membaca huruf yang tertera di depan yang ditunjuk oleh petugas dokter. Bagi yang matanya bermasalah ada surat khusus dari dokter.

 Tes dokter ada 3 macam
Setelah tes Mata kemudian tes tensi tekanan darah, lalu tes warna yaitu membaca angka yang tertulis di meja. Jadi semuanya ada 3 tes yang dilalui untuk mendapatkan surat keterangan dokter.  

Langkah kedua : Menuju ke loket Bank
Barulah setelah mendapatkan surat keterangan dokter, Saya langsung menuju ke loket BANK yang terdapat di dalam Kantor Polres Sleman. Ada di bagian timur sisi selatan. Itu bagi yang melakukan perpanjangan SIM bisa langsung ke loket BANK. Adapun SIM BARU alias yang telat seperti saya, he3xx masuk dulu ke loket 1 untuk mendapatkan surat khusus baru setelah itu bayar ke BANK. Karena SIM saya sudah telat 1 bulan maka terhitung membuat SIM baru, jadi bayarnya Rp 120.000.

Langkah ketiga : ke loket 1
Nah setelah bayar lalu menuju ke loket 1 lagi kemudian dikasih berkas yang kemudian harus di isi datanya, gimana ngisinya? Jangan khawatir, contoh berkas yang sudah diisi, ada contohnya, tinggal diikuti aja.

Langkah keempat : masukan berkas ke loket 2
Setelah selesai mengisi masukan berkas ke loket 2. Dari loket 2 kemudian mendapat nomor antrian untuk foto,

Langkah kelima : foto dan sidik jari di loket 3 
Lalu dipanggilah untuk melakukan foto dan rekam sidik jari di loket 3. Setelah foto dan rekam sidik jari pak polisi menyuruh saya menunggu di tempat ujian teori. Oya Pastikan agan-agan pas datang ke kantor polisi untuk membuat SIM menggunakan pakaian yang rapi seperti kemeja jangan memakai kaos, sebelah saya ada anak muda di marah-marahun pak polisi, pak polisi bilang “besok lagi kalo kesini nyari SIM pake kemeja jangan pake kaos…!!” .


Langkah keenam : TES TERTULIS
Tidak berapa lama dipanggilah nama-nama yang akan mengikuti ujian teori.Ujian teori sekarang ternyata sudah menggunakan komputer. Jumlah soal ada 30 buah di kerjakan dalam waktu 15 menit. Dan setelah selesai langsung kelihatan hasilnya. Akan tertulis LULUS jika anda benar mengerjakan soal2, jika tidak bisa akan tertulis TIDAK LULUS. Kalo lulus bisa langsung ikut ujian praktek kalo tidak lulus menunggu paling cepat 7 hari untuk ujian teori lagi. Alhamdulillah saya lulus ujian praktek, lalu disuruh sama pak polisi menuju ke lapangan ujian praktek.  

Langkah ketujuh : UJIAN PRAKTEK (untuk yang lulus ujian teori)
Ujian praktek yang dilaksanakan adalah ujian SIM C dahulu. Setelah selesai baru SIM A. Masing-masing ujian terdiri dari 5 materi.  

Materi Ujian Praktek Untuk SIM C 
materi pertama adalah ujian ketangkasan dalam mengerem mendadak (jadi peserta ujian di minta menarik gas dalam jarak pendek kemudian mengerem pada batas tertentu)

Materi yang kedua latihan kstabilan gas sambil jalan dengan zig-zag.

Materi yang ketiga mengerem dengan sisa tenaga belok ke kiri atau kekanan tergantung petugasnya mengarahkan ke kanan atau ke kiri, ini namanya tes reaksi, disinilah banyak para peserta jatuh berguguran…. Dari sekitar 15 orang yang ikut diantara ada peserta yang minggu lalu belum lulus, yang lulus Cuma 1, wah uangel tenan ki tesnya, tapi agan jangan khawatir kata pak polisi “gak lulus gak papa yang penting senyum, ketemu saya lagi minggu depan”, batinku wkwkwkwkw…. Guyu2 dewe aku.. Berikutnya

Materi yang keempat, aku yo ra donk opo jenenge. Cuma suruh jalan kemudian putar balik, menurutku ini agak gampang.

Materi yang kelima tinggal mengikuti jalur seperti angka 8. Lalu selesai. Yang lulus langsung menuju ke loket 5 mengambil SIM barunya sedangkan yang tidak lulus diminta datang lagi minggu depan.  

Materi Ujian Praktek Untuk SIM A
Nah sekarang giliran aku praktek SIM A, semua peserta disuruh menuju ke lapangan untuk briefing penjelasan materi-materi ujian SIM A.

Materi yang pertama adalah parkir mobil kedepan pada tempat kecil pas dengan ukuran mobil yang buat tes, mobil yang buat tes waktu itu adalah Daihatsu Grandmax. Boleh juga praktek dengan mobil sendiri kalo mau…Materi 1 Alhamdulillah berhasil aku lalui dengan sempurna,

Materi yang kedua adalah parkir mobil dengan cara mundur, gak boleh lihat belakang, bolehnya Cuma lihat sepion. Dan semuanya dilakukan dengan sekali jalan tidak boleh parkirnya maju mundur, maju mundur, nah disinilah aku keok alias gagal.

Materi yang ketiga adalah parkir secara horizontal,

Materi yang keempat mobil jalan dengan zigzag

Materi yang kelima praktek pada jalan tanjakan dan turunan.  

Nah inilah pengalaman saya mengurus SIM A, besok masih harus datang lagi ke polres sleman untuk ujian praktek lagi, Semangat................

Nah ini dia SIM A saya yang sudah jadi
Pengalaman Mengurus SIM di POLRES SLEMAN YOGYAKARTA
Pengalaman Mengurus SIM di POLRES SLEMAN YOGYAKARTA
Previous
Next Post »

Minuman