Pengalaman Mengurus Balik Nama Kendaraan Atas nama Perusahaan ke Pribadi

Kali ini kita akan berbagi pengalaman cara mengurus balik nama kendaraan bermotor dari atas nama perusahaan ke perorangan. Ternyata ngurusnya sangat mudah sekali..

Sebelumnya malah mau minta tolong sama orang dalam, namun kata bapaknya malah menyarankan untuk mengurus sendiri. Karena biaya megurus sendiri lebih murah dari pada diurus lewat jasa, bapaknyapun sama juga nanti akan diurus oleh teman yang jadi birojasa. Jadi semacam pihak ke3 gitu, biayanya kan tambah mahal…. selisih bisa sampai Rp. 800.000


Pengalaman Mengurus Balik Nama Kendaraan Atas nama Perusahaan ke Pribadi
Pengalaman Mengurus Balik Nama Kendaraan Atas nama Perusahaan ke Pribadi



Proses balik nama sampai jadi BPKB memakan waktu sekitar 1,5 bulan. Tanggal berkas masuk 11 Novemver 2019 BPKB jadi 31 Desember 2019. Untuk STNK sudah jadi duluan sekitar 3 minggu sebelum BPKP, jadi kita bolak-balik kantor SAMSAT 3x, pertama cek fisik, kedu ambil STNK dan bayar pajak dan ketiga Ambil BPKB. Adapaun persyaratan yang harus dibawah adalah
1. KTP Anda
2. BPKB Asli
3. STNK Asli
4. Surat Pelepasan dari perusahaan (ada cap dan tanda tangan)
5. Kendaraan yang mau dibalik nama

Semua persyaratan di atas bawa ke kantor SAMSAT SLEMAN. Ingat kantor SAMSAT sleman sekarang memiliki gedung baru, ada dibelakang kantor SAMSAT yang lama. CEK fisik kendaraaanpun juga sudah jadi satu di gedung baru.

Gedung SAMSAT SLEMAN yang baru lebih terasa nyaman jauh dengan sebelumnya, parkir luas dan gedung lebih mewah.

Pertama, begitu sampai Gedung SAMSAT SLEMAN langsung aja menuju ke basement, pintu masuk turun bagian selatan, parkir mobilnya ditepi sebentar, lalu masuk ke basement utara untuk FOTOCOPY berkas-berkas di atas. Tinggal bilang sama mbak petugas foto copy mau urus balik nama.. nanti mbaknya tau berapa yang harus difoto copy dan berkas mana yang harus satukan. Tinggal tunggu aja lalu Tinggal bayar

Loket Cek Fisik Ada di Belakang
Loket Cek Fisik Ada di Belakang, kalo fotcopyanya kanan belkang mobil ini, masuk aja kesitu


Kedua, silahkan menuju ke loket cek fisik yang ada dipalling barat Gedung SAMSAT SLEMAN atau dibelakang, jangan lupa kendaraanya juga dibawa. Silahkan Ambil antrian. Setelah dipanggil nomornya kumpulkan berkas di bagian depan, setelah itu tunggu lagi sebentar. Tidak berapa lama dipanggil nama Agan lalu dikasih formulir cek fisik.

Ketiga, isi formulir cek fisik lalu serahkan ke petugas cek fisik, biasanya petugasnya pake baju hitam, jangan yang baju orange, itu mah tukang parkir.. wkwk. Cek fisik GRATIS alias tidak bayar.

Keempat, kumpulkan lagi berkas cek fisik ke loket cek fisik. Tunggu beberapa saat, setelah itu nama Agan akan dipanggil dan diminta untuk membayar biaya administrasi pembuatan BPKB. Biaya awal kalo tidak salah sekitar Rp. 350.000 tergantung kendaraan. Ketika pembayaran akan diberikan kertas kecil informasi pengambilan BPKB.


PENTING!
O ya , sedikit catatan balik nama yang saya urus ini kebetulan sama-sama sleman, artinya dari perusahaan yang ada di sleman dan alamat saya juga sleman, sehingga tidak melakukan cabut berkas atau mutasi, tapi cuma ganti nama saja..
Nah ini loket cek fisiknya


Kelima, setelah selesai cek fisik dan mendapatkan kertas kecil yang tertulis jadwal pengambilan BPKB langsung berkas dibawa ke foto copy lagi, sebagai syarat untuk mengambil formulir STNK dan sekaligus membyar pajaknya. Mbak yang di fotocopy sudah tahu berapa jumlah berkas yang harus difoto copy, kasihkan saja berkas2 tadi. Jadi tidak usah khwatir…

Keenam, menuju ke loket yang ada di depan fotocopy sebelah utara, bilang kalo mau buat STNK dan perpanjang pajak. Disitu bayar lagi Rp. 200.000 , lalu isi berkas sesuai data yang ada. Jika males ngisinya disitu ada bapak2 yang menawarkan jasa isi berkas dengan biaya seikhlasnya. Namun harus diawasi kadang salah ngisi. Maklum sudah agak tua… baru agak kok ya ,,  belum tua… wkwkwk

Ketujuh, langsung menuju ke lantai 1, bisa naik lift yang ada di barat tempat ambil formulir STNK tadi. Jadi posisi lift ada ditengah2 antara tempat foto copy dan tempat formulir cek fisik tadi. Begitu naik lift sampai di lantai 1, keluar lift langsung belok kiri , disitulah berkas STNK dan Pajak tadi dikumpulkan.

Setelah berkas dikumpulkan , tidak berapa lama dipanggil nama Agan lalu diberikan kertas waktu untuk kembali ke kanor SAMSAT Sleman guna membayar administarsi ganti STNK dan Pajaknya. Seingat saya 2 minggu kemudian .

Oya kalo pengen ke KM/WC posisi kamar mandi ada di belakang lift, jadi keluar lift belok kanan.

Kedelapan, setelah 2 minggu silahkan datang lagi ke kantor SAMSAT Sleman sesuai jadwal yang ditertera pada kertas tadi. Tempatnya sama, ada di lantai 1. Setelah kumpul berkas, tidak berapa lama akan dipanggil nama Agan, siapkan uang untuk membayar STNK dan pajaknya. Dah selesai untuk urusan STNK

Kesembilan, sekarang tinggal menunggu waktu pengambilan BPKB, sebaiknya di pasang alarm di hp supaya tidak lupa, karena waktunya agak lama, sekitar 3 minggu setelah pengambilan STNK. Setelah tiba waktunya silahkan Agan kembali ke kantor SAMSAT Sleman, pastikan sekali lagi kertas kecil jadwalnya sudah sesuai dengan tertera di kertas kecil tadi. Langsug aja menuju ke loket pengambilan BPKB, Loketnya sama ketika loket Cek fisik, ada di barat gedung SAMSAT Sleman atau belakang.
ini dia BPKBnya dah jadi, Alhamdulillah


Dah selesai deh..

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Agan yang ingin melakukan balik nama di SAMSAT SLEMAN.



 
Previous
Next Post »

Minuman