Pengalaman Liburan Lewat Jalan Tol Jogja Surabaya Malang

Rencana liburan besok mau silaturahmi ketempat pakde dan bude yang ada di Surabaya, Malang.
Mulailah Tanya-tanya kesana dan kemari lewat mana supaya cepat untuk sampai ke tempat pakde bude, yang ada disurabaya dan malang. Maklum ini baru pertama kali menempuh jalan jauh nyetir sendiri.


Ternyata disarankan untuk lewat jalan tol yang menghubungkan kota jogja ke Surabaya lalu malang. Lalu saya Tanya bayarnya berapa? Sebagian teman ada yang menjawab rata-rata per km Rp. 900, ada juga yang menjawab Rp.1000, tinggal dikalikan dengan jarak kota Jogja ke Malang.

Setelah dicek menggunakan google Map, jarak kota jogja ke malang 370 km. Maka kalo dihitung dengan dikali 900 hasilnya Rp. 333.000.

Pengalaman Liburan Lewat Jalan Tol Jogja Surabaya Malang
Pengalaman Liburan Lewat Jalan Tol Jogja Surabaya Malang


Lalu saya bertanya lagi, bayarnya gimana? Maka dijawab oleh teman saya bayarnya pake kartu e tol, waduh makanan  apa itu? E-tol itu kartu yang digunakan unttuk membayar ketika masuk jalan tol, cukup dengan mempelkan kartu ke kotak yang ada di setiap gerbang tol. O.. gitu ya (saya manggut-manggut tapi masing bingung he3x)

Saya bertanya lagi, belinya dimana mas? (wah maaf ya, saya kebanyakan nanya kayak wartawan, wkwk) Teman saya menjawab, bisa beli di alfamart atau indomart, kalo di alfamart e tol kerjasamanya melalui bca sedangkan kalo indomart kersamanya dengan bank mandiri. E tolnya juga bisa diisi melalui ATM khusus yang ada logo BCA pada kartu E tools, kalo yang kartu etool indomart harus cash. Harga kartunya saja bervariasi  ada yang Rp. 25.000 samapi 27.500

Kartu E tol beli di alfamart dan indomart
Kartu E tol beli di alfamart dan indomart


Lalu Teman saya berpesan, (ingat baik-baik pesan teman saya ini ya..)  di jalan tol itu sebaiknya nanti bawa makanan atau bekal sendiri karena di rest area tol itu harga makananya berlipat-lipat 2 sampai 3 x lebih dari harga pasaran. O.. njih siap mas jawab saya..

Teman yang lain bercerita di tols itu tidak melelahkan karena tidak ada lampu merah, jadi jaaalannnnnnnn terus. terkadang mobilnya kalo digas terasa berat bukan karena mesin rusak, tapi ternyata posisi jalan sedang nanjak, pas nanjak tidak kelihatan karena sepanjang mata jauh memandang kedepan itu jalan lurus. Kayak di padang pasir gitu tapi ini beda yang terlihat jalan cor beton luas.

Keesokan harinya mobil saya bawa ke bengkel tempat ganti oli karena sudah hampir waktunya harus ganti oli, sekalian ganti juga filter olinya. Setelah itu mulai beli oleh-oleh khas jogja yakni bakpia, lalu setelah itu pergi ke alfamart untuk beli kartu etol. Setelah beli kartu e tol seharga Rp. 27.500 dan mau ngisi cash Rp. 500.000 ternyata gak bisa di isi, mungkin karena bank BCAnya sedang error, coba di tempat alfamar yang lain, kata petugas alfamartnya.

Sorenya saya kembali ke alfamart yang dekat rumah, ee.. ternyata disini tidak bisa ngisi, e-tolnya, sama petugasnya disuruh cari yang alfamart 24 jam. Wah baru tahu ternyata tidak semua alfamart bisa ngisi e tol. Lalu sampailah ke alfamart yang ada logo 24 jam. Mas mau ngisi e tol, kata saya. diiambilah kartu etol yang tadi saya beli di alfamart, ternyata sama, petugas alfamartnya bilang ini BCA sedang error sudah sejak tadi pagi.  Wah mumet saya , padahal besok pagi sudah mau berangkat. Akhirnya pas pulang mampir ke indomart, untuk beli kartu e-tol kerjasama dengan bank mandiri, ternyata di indomart lancar jaya… Alhamdulillah. Namun saya harus beli kartu lagi seharga Rp. 25.000 dan isi etol Rp. 500.000

Keesokan harinya dengan hati senang dari ceria walaupun ada rasa-rasa cemas tepat sekitar jam 06.15 WIB berangkat, langsung menuju POM bensin untuk ngisi bensin. Setelah perjalanan 1 jam, sampailah di gerbang tol colomadu Surakarta. Sempat keblabasan beloknya setelah lihat google map ternyata memang benar keblabasan.

Jadi saran saya pastikan google map aktif karena sangat membantu sekali ketika kita akan menuju alamat tertentu, sebelumnya jangan lupa isi pulsa dan cek baterai android jangan sampai pulsa habis dijalan dan beterai mati, bisa tersesat nanti , he3…

Begitu sampai gerbang tol maka pintu gerbang akan tertutup. Tempelkan kartu e-tol sisi belakang. Secara otomatis pintu tol akan terbuka.

Setelah masuk di jalan tol, sesekali ada tulisan batas maksimum kecepatan 80 km/jam, minimum 60km/jam. Setelah beberapa kilo meter ada perubahan tulisan batas maksimum kecepatan menjadi 100 km/jam, minimum 60km/jam. Tidak berapa lama ada tulisan Kecepatan Anda di Awasi Oleh CCTV.

Namun pada kenyataaanya, banyak mobil  yang lebih dari 100 km/jam, terutama kendaran-kendaraan besar seperti pajero, fortuner, inova pada kejar-kejaran, kayak anak-anak kucing sedang pada bercanda.. h3xx.. la piye yo jalan tolsnya sepi alus besar kecepatan 100 km/jam masih belum apa-apa2, he3x…

Belum lama melewati gerbang colomadu, terlihat jembatan unik ada tali-tali 

Sekitar perjalanan 40 menit dari gerbang colomadu ada rest area tempat istirahat, tepatnya di daerah sragen. Disinilah istirahat pertama kali untuk buang air kecil. Istirahat sekitar 15 menit lalu lanjut perjalanan lagi. Rest area berikutnya tidak sebesar yang di sragen ini.

Sekitar perjalanan 2 jam, bensin mulai menipis, khawatir kehabisan dijalan, indikator bensin tinggal 3 strip. Berharap ada rest area untuk ngisi bensin. Ternyata tidak semua rest area ada POM bensinnya. Wah tambah cemas..

Alhamdulillah setelah sampai daerah sebelum ngawi ada rest area yang ada POM bensinya, langsung isi 200rb,

Jadi saran saya berikutnya, setiap bensin berkurang separo atau sepertiga dari full, begitu ada rest Area yang ada POM bensinnya langsung isi aja, meskipun cuma isi Rp. 50.000 dari pada kehabisan di TOOL, masak mau olah raga dorong2 mobil, he3…

Setelah sampai Surabaya, perhatikan plank arah jalan, pastikan google map aktif, karena setelah Surabaya ada beberapa arah jalan tol. Kalo mau ke malang maka pilih jalan arah malang, cirinya jalannya melengkung seperti yang ada di video, dipeta google juga kelihatan (lihat gambar paling atas)


Di gerbang  Surabaya malang ternyata macet panjang, karena disini tempat jalur kendaran berat seperti truk-ruk tronton dan juga bis-bis besar.

Perjalanan Surabaya Malang sekitar 1 jam, jarak yang ditempuh 74 kilometer.

Akhirnya, sekitar pukul 11.50 sampailah di daerah lawang, malang daerah tempat bude saya tinggal. Langsung nyalakan lagi google mapnya arahkan ke titik lokasi alamat bude. Alhamdulillah langsung ketemu tidak pake tanya-tanya.

Total Pas bayar etool dari jogja ke Malang, adalah Rp. 310.000 , berbeda dengan perkiraan diatas yang habis Rp 333.000, mungin karena daerah Lawang belum masuk kota Malang, tapi sebelum Malang. Tadi ada petunjuk keluar tol untuk arah lawang.

Alhamdulillah dengan kemudahan dari Allah subhanahu wata’ala sampai juga di Kota Malang.
Semoga sedikit  cerita pengalaman ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mau melakukan perjalanan lewat tol.

O ya tambahan info untuk Cara Cek Sisa Kartu E tol
Untuk tahu sisa uang dikartu etols bisa dengan melihat nominal yang tertera didepan pintu erbang tol setelah menempel kartu. Terdapat angka 2 baris, baris atas biaya tolnya sedangkan baris bawah sisa etols, atau kalo tidak sempat lihat barisnya karena angkanya kurang jelas, langsung aja menuju ke indomart atau alfamart. Tinggal bilang sama pelayannya mau cek nominal e tol.





Previous
Next Post »

Minuman